Skip navigation

……………..ABOUT LOVE…………….

Dari judul dan gambar diatas pasti kawand – kawand semua sudah mengerti, apa hal yang akan didiskusikan dalam halaman ini. yaps benar  ” all about love” ……..tentang cinta, cinta yang tidak akan pernah bosan manusia mendiskusikannya, memang cinta tidak dapat di jelaskan dengan kata – kata, tetapi ini hanyalah uraian kata  sebagian ,mungkin dengan ini akan dapat membantu untuk menjadi lebih mengerti tentang cinta, saya bukanlah orang yang terlalu paham tentang hal ini, tapi saya hanyalah membagi pengalaman tentang hal tersebut dengan kawand – kawand yang berkenan.cermati baik – baik kata berikut :

Kenapa kita menutup mata
ketika kita tidur?
Ketika kita menangis?
Ketika kita membayangkan?
Ketika kita berciuman?
Ini karena hal terindah di dunia TIDAK
TERLIHAT…
Kita semua agak aneh… dan hidup
sendiri juga agak aneh…
Dan ketika kita menemukan seseorang
yang keunikannya SEJALAN dengan
kita..
Kita bergabung dengannya dan jatuh ke
dalam suatu keanehan serupa
yang dinamakan
CINTA..
Ada hal2 yang tidak ingin kita
lepaskan..
Orang2 yang tidak ingin kita
tinggalkan…
Tapi ingatlah…
melepaskan BUKAN akhir
dari dunia,
melainkan awal suatu kehidupan
baru..
Kebahagiaan ada untuk mereka yang
menangis,
mereka yang tersakiti,
mereka yang telah
mencari…
dan mereka yang telah
mencoba..
Karena MEREKALAH yang bisa
menghargai
betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka.
CINTA yang AGUNG?
Adalah ketika kamu menitikkan air mata dan
MASIH peduli terhadapnya..
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu
dan kamu MASIH menunggunya
dengan setia..
Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
dan kamu MASIH bisa tersenyum
sambil berkata: “Aku
turut berbahagia untukmu”
Apabila cinta tidak berhasil…
BEBASKAN dirimu…
Biarkan hatimu kembali melebarkan
sayapnya dan terbang ke alam
bebas LAGI..
Ingatlah…bahwa kamu mungkin
menemukan cinta dan
kehilangannya..
Tapi..ketika cinta itu mati..
kamu TIDAK perlu mati
bersamanya…
Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu
menang..
MELAINKAN mereka yang tetap
tegar ketika mereka
jatuh.
Entah bagaimana…dalam
perjalanan kehidupan,
kamu belajar tentang dirimu sendiri..
dan menyadari bahwa penyesalan
tidak seharusnya ada.
HANYALAH penghargaan abadi
atas pilihan2 kehidupan
yang telah kau buat.
TEMAN SEJATI…Mengerti ketika kamu berkata ‘Aku lupa..’
Menunggu selamanya ketika
kamu berkata’Tunggu
sebentar’
Tetap tinggal ketika kamu
berkata: “Tinggalkan aku sendiri”
Membuka pintu meski kamu BELUM mengetuk dan berkata: “Bolehkah saya masuk?”
MENCINTAI…
BUKANlah bagaimana kamu melupakan..melainkan bagaimana kamu MEMAAFKAN..
BUKANlah bagaimana kamu mendengarkan.. melainkan bagaimana kamu MENGERTI..
BUKANlah apa yang kamu lihat..melainkan apa yang kamu RASAKAN..
BUKANlah bagaimana kamu melepaskan..melainkan bagaimana kamu BERTAHAN..
Lebih berbahaya mencucurkan air mata dalam hati…
dibandingkan menangis tersedu2..
Air mata yang keluar dapat dihapus..
sementara air mata yang tersembunyi menggoreskan luka yang tidak akan pernah
hilang..
Dalam urusan cinta, kita SANGAT JARANG menang..
Tapi ketika CINTA itu TULUS, meskipun kalah,
kamu TETAP MENANG hanya karena kamu berbahagia dapat mencintai seseorang..
LEBIH dari kamu mencintai dirimu sendiri..
Akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti mencintai seseorang.
BUKAN karena orang itu berhenti mencintai kita,
MELAINKAN karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila
kita melepaskannya.
Apabila kamu benar2 mencintai seseorang, jangan lepaskan dia..
jangan percaya bahwa melepaskan SELALU berarti kamu benar2 mencintai MELAINKAN
BERJUANGLAH demi cintamu.
Itulah CINTA SEJATI.
Lebih baik menunggu orang yang kamu inginkan DARIPADA berjalan bersama orang
‘yang tersedia’
Lebih baik menunggu orang yang kamucintai DARIPADA orang yang berada
disekelilingmu
Lebih baik menunggu orang yang tepat karena hidup ini terlalu singkat untuk
dibuang hanya dengan ’seseorang’
Kadang kala, orang yang kamu cintai adalah orang yang PALING menyakiti hatimu
dan kadang kala,
teman yang membawamu ke dalam pelukannya dan menangis bersamamu adalah cinta
yang tidak kamu sadari.

Kata – kata tersebut merupakan seuraian  dari pengertian cinta, mungki kawand – kawand sudah banyak mendengar uraian tersebut dari berbagai sumber. Dan termasuk saya sendiri. ulang tahun yang ke …….( ma’af saya lupa) saya mendapatkan hadiah buku tentang cinta yang sampulnya sama dengan gambar diatas yang salah satu inti dari buku tersebut sama dengan uraian diatas, seorang gadis yang memberikan arti, apa cinta sesungguhnya ….. bagaimana rasa,dan perbedaannya…..suatu rasa yang merubah penilaian, sikap dan pandangan.Kadangkala cinta itu tidak harus diungkapkan dengan kata-kata. Adakalanya cinta itu tumbuh di hati seseorang, malahan orang tersebut menyimpannya dalam-dalam. Hal itu ia lakukan tak lain demi menjaga kesucuian sebuah cinta itu sendiri. Cinta itu memang murni, tak seorang pun yang bisa menentang jika cinta itu datang. Cinta tidak memandang usia, status dan keadaan. Cinta juga tidak menuntut harus memiliki. Seseorang yang merasakan cinta akan senang apabila ia bisa selalu bertemu dengan orang yang dicintai.

Banyak hal tentang cinta yang ia  beritahukan dan jelaskan bagaimana hidup, dengan itu saya dapat berfikir bagaimana hidup….bagaimana kita berjuang hidup, mengapa kita hidup dan apa arti hidup yang sesungguhnya. Sesungguhnya aku mengerti apa yang ada dibenaknya dan apa yang akan ia tunjukkan.tetapi semua tidak akan saya bahas disini, hanya sebagian. Menurut saya, Cinta itu pada dasarnya adalah untuk saling menyelamatkan, saling melindungi dan membahagiakan diri. Jika kita mencintai diri atau pun orang lain dengan sepenuh hati, itu artinya kita menggantungkan diri pada makhluk yang dengan berbagai kelemahannya belum tentu dapat memberikan semua kebahagiannnya. Oleh karena itu, cinta yang sepenuh hati hanya patut kita berikan pada Sang Penguasa Alam semesta yang sudah pasti memberikan respon yang dapat menentramkan hati, karena Dia pasti akan memberikan balasan setimpal bahkan lebih daripada yang kita berikan kepada-Nya. Saya mengambil pengertian tersebut karena seseorang tersebut menggolongkan cinta berhubungan erat dengan Tuhan,

Well…

Respon dari Allah memang tak dapat terlihat secara kasat mata, namun dapat dirasakan. Nah, untuk dapat merasakannya tentunya seorang hamba mesti benar-benar tulus dalam mencintai-Nya. Sepanjang cinta kita pada-Nya masih terkalahkan oleh cinta kita pada hal-hal lain selain diri-Nya, tentu kita akan sangat sulit merasakan respon itu. Selain itu, kalau yang menjadi ukuran adalah hal-hal yang kasat mata saja, sangat mungkin apa-apa yang terlihat itu sangat bertolak belakang dengan apa yang ada di dalam hati atau pikiran. Contohnya saja saat kita tersenyum pada seseorang dan orang lain pun tersenyum, apa kita bisa memastikan bahwa senyumnya itu pun benar-benar tulus? Atau jangan-jangan di balik senyumnya itu dia sangat membenci kita, senyumnya hanya sekedar lips service semata. Sungguh, kita betul-betul tidak tahu apa yang sesungguhnya berada di balik respon yang ditampakkan seseorang.

Sedangkan Allah, Ia Maha Tahu sejauh mana kadar cinta seorang manusia pada diri-Nya. Bahkan, Ia pun tahu sangkaan tiap-tiap hamba-Nya pada diri-Nya. Jadi, respon yang kasat mata tidaklah dapat dijadikan ukuran. Hakikat yang sebenarnya adalah di dalam hati, sesuatu yang amat halus dan lembut, abstrak, tidak berupa dan tidak dapat diraba. Segala tindakan yang dilakukan akan terasa lebih indah bila dilakukan dengan hati. Lain lagi ceritanya kalau hanya dilakukan karena dorongan fisiologis semata.

Misalnya saja dalam urusan seks. Kalaulah seseorang melakukan aktivitas seksual hanya sebatas pada kenikmatan, apa bedanya dengan hewan?

Dalam kondisi atau dengan cara apapun, aktivitas seksual seperti itu dapat dilakukan dan pasti melahirkan kenikmatan. Namun, apakah kita, yang mengaku sebagai makhluk yang paling sempurna ternyata bisanya hanyalah mengejar kenikmatan belaka? Bukankah semestinya kita membuktikan bahwa diri kita benar-benar makhluk yang mulia, sehingga kita tidak memahami cinta hanya sebatas nafsu saja, namun lebih dari itu, yaitu menggapai cinta yang diridoi Allah, yaitu cinta yang lahir dari dalam nurani.

Saat aku melihat di jalanan seorang cowok dan cewek berduaan dengan lampu remangnya, seolah-olah dunia milik mereka berdua. Mereka benar-benar mengingatkanku pada masa lalu. Jujur aku akui, dulu, walaupun saat ini aku terbilang masih muda tapi diri ini sudah cukup banyak mereguk berbagai pengalaman tentang asem-manis-pahitnya cintadan pergaulan anak muda. Mulai dari kenakalan sekolah, miras,kriminalisme, kenalan, pacaran, seterusnya dan seterusnya. Maka aku dapat mengambil kesimpulan, kadang manusia itu seperti hewan, cinta hanya digunakan untuk menipu, hanya untuk sekadar memenuhi bisikan setan yang ngakak puas dengan akal bulusnya yang diikuti mereka. Setelah pengalaman yang aku alami selama ini, pantaslah hatiku mendesis pada mereka, “Kasihan, pastilah tak terpikir oleh mereka tentang getirnya sebuah pengkhianatan.” Dan pastilah mereka sudah beranggapan bahwa yang mereka rasakan sekarang adalah yang disebut dengan cinta.

Kita tentu tahu, cinta zaman sekarang sudah dibentuk oleh opini media massa, acara televisi contohnya, mulai model cintanya orang-orang Barat hingga roman picisan yang dikemas dalam bentuk sinetron, . Ah, itu semua ternyata hanyalah kamuflase belaka. Disadari atau tidak, diakui atau tidak, berbagai acara itu telah mengajarkan kita tentang cinta yang semu. Dan anehnya, orang selalu mengikuti setiap pesan tanpa berpikir panjang apakah pesan itu positif atau negatif untuk dirinya. Atau mungkin kita terlalu dungu, tidak mengerti sebuah trik dari sekelompok orang dibalik layar yang membuat skenario semua ini. Ah, wajarlah kalau para remaja mudah sekali mereka jadikan sebagai objek. Dan memang luar biasa sekali pengaruh media massa, begitu mudah mengubah perilaku orang.

Begitulah realita cinta yang saya saksikan kini. Kalau selama ini kita selalu patuh terhadap pesan cinta yang ditampilkan oleh si om sutradara, kenapa kita tak mencoba patuh kepada pesan cinta dari Sang Maha Sutradara. Kalau kita mencintai seseorang, cintailah dia ala kadarnya. Karena bisa jadi ia membenci kita. Kalau kita membenci seseorang, bencilah dia ala kadarnya. Karena bisa jadi ia mencintai kita. Jadikanlah cinta untuk mendapatkan ridho-Nya, dan janganlah kita mencari cinta untuk mendapatkan kenikmatan sesaat yang menyesatkan.

Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semuanya berjalan atas rencana dan pengetahuan Allah. Bahkan tiada sehelai daun pun yang gugur, melainkan Dia mengetahuinya. Berbicara cinta, artinya berbicara keyakinan. Lantunan cinta, adalah tembang pengorbanan seorang hamba dalam lingkup Sang Tuhan, yang menumbuhkan ketegaran dan daya juang yang tinggi. Hingga saat cinta terkhianati, tak berujung putus asa atau penyesalan. Dan bila cinta terjawab, Rindu Ilahi pun kan selalu menyertai.

Jadi, makna cinta sejati, sederhananya, menurut saya adalah cinta terhadap seseorang yang didasari atas kecintaan yang sama terhadap TUHAN, bukan karena si dia cakep, cantik, tajir, pinter, dan semua objek fisiologis lainnya.Walaupun psangan itu jauh…….dan banyak cobaan yang datang di uji dengan perpisahan, pertengkaran dan hal yang lainnya,ketidak setujuan orang tua, Itu semua hanyalah opsional. Sebab, cinta yang berasal dari satu keyakinan akan timbul sebuah kepercayaan, dari sebuah kepercayaan lahirlah kesetiaan dan dari kesetiaan maka itulah yang disebut dengan cinta sejati.

Ma’af jika Terkesan agamis? Tanyalah diri sendiri, kita manusia yang memiliki agama atau bukan?

thank you to someone who has care and faithful to me so far, which has given the meaning of all.

18 Comments

  1. terima kasih telah berbagi pengalamannya.

  2. terima kasih

  3. ya sebelumnya makasih, atas pengalaman yg telah dibagikan.
    pesan2/kata2 yang tercantum emang bnr sh and Q setuju bgt, mungkn cm sebagian yg ng Q setujuin.tp low lh nanya, baik ng sih menunggu sesuatu yg ng pasti itu???????

    • Terima ksih mbak Nita yang baik,…..

      Ibaratnya gini, ada sebuah puncak gunung yang tinggi sekali. Kita mau mencapai puncak itu untuk melihat dunia. Tapi kondisi fisik kita tidak cukup sehat untuk mencapai sana. Mungkin butuh latihan selama dua tahun untuk mencapainya. Saya gak tau detilnya sih.Tapi ketika kita sudah sampai di atas sana, bisa jadi kita nggak bisa melihat dunia itu. Sesuatu telah terjadi. Mungkin hari itu mendung. Mungkin ada badai yang akan melanda dalam waktu lama. Mungkin puncak itu telah tidak ada lagi karena bencana alam. Padahal kita telah menantikan itu.
      Mungkin analoginya kurang pas ya, tapi intinya sih. Pantaskah kita menunggu, untuk sesuatu yang nggak pasti?
      kita harus melihat keadaan dari hal tersebut dan sebenarnya diri andapun juga mempengaruhi, semua akibat pasti ada sebab,Tapi ketika kita sudah sampai di atas sana, bisa jadi kita nggak bisa melihat dunia itu. Sesuatu telah terjadi. Mungkin hari itu mendung. Mungkin ada badai yang akan melanda dalam waktu lama. Mungkin puncak itu telah tidak ada lagi karena bencana alam. Padahal kita telah menantikan itu. jika seseorang contohnya tidak memberi kepastian maka sebaiknya jangan.itu versi saya.

  4. hemz..
    makasih atas pemberitahuannya dan pengalamannya…
    leh tanya gag…
    boleh gag sih kita mencintai seseorang yang orang itu lum pzti mencintai kita…
    tapi kita mencintaiya dngan tuluz…
    padahal kita tahu ..
    bahwa hal itu gag mungkind terjadi….
    salah gag….

    • Riska@ thanks mbak risca yang imoet tas komentnya…….

      ini jawaban versi saya lho……!!!gak ada salahnya untuk mencintai seseorang sekalipun orang yang kita cintai sudah mempunyai pasangan tau yang belum pasti mencintai kita,. karena setiap manusia punya hak untuk mencintai dan dicintai oleh sesama. tapi kita juga hrs memahami apa hakikat cinta yang sbnrnya<,,,,? karena ada yang bilang cinta itu buta? tapi kalau yang sesungguhnya menurut saya cinta itu melihat dan memahami,

      lha tros bagaimana…….? jika kamu cinta maka cintailah dia,jika dia tidak mencintai kita BERSABAR DAN BERDO'ALAH semoga tuhan membukakan jalan untuk kamu.

  5. emm,,,
    sorry mz baru comment ckrg,
    n mnrutq kta2 yg mz ibenkz tliz tu mua bnr bgd, pa age yg ne “Lebih baik menunggu orang yang kamu inginkan DARIPADA berjalan bersama orang
    ‘yang tersedia’
    Lebih baik menunggu orang yang kamucintai DARIPADA orang yang berada
    disekelilingmu”
    bnr2 kzh nytaku etz mz,,,,
    waah iza jd pnliz ne,,
    hehehehehee,,,,,
    ttp exis mz’e…..
    1 SPIRIT…^^

    • K-zea@hehehehe………Q gak bisa lo ucapin semua langsung kata2 nie dengan kata2…….so….nie alternatifnya.

  6. keren juga sob pnya lhoo nyarii drii mnee….???

    • nyari dari semua hal………lan….!!!!

      semua hal yang kita lihat dan rasakan adalah sumber informasi, OK…….^^

  7. ehm bEtuL seH…-
    amieen-

    emank… hakikaT sebUah cInta tu pah seCh mZz –
    aqU pengEnd taUw….
    _^_

    • risca…., ga usah di cari tau lagi…….suatu saat pasti kamu akan tau dengan sendirinya, nie semuanya hanyalah sebaian yang dpat ditulis, ngak akan tau dengan sempurna jika risca bertanya,…..hanya tinggal menanti, kapan risca akan tau dengan sendirinya, Ok!

  8. keren sob,
    Qt ga boleh mencintai lawan jenis kita melebihi cinta kita pada Tuhan kita..

    • yups …… sebadan dengan gue,…………..
      u tau kan cwek jaman sekarang……….wkwkwkwkwkwkwkw, hmmm……..

  9. ukeee mzZ…-

  10. terosno wes……!!!!

  11. Trimakasih karna telah berbagi pengalaman…

    setelah mengerti pengalamanmu,aku lebih mengrti apa arti sesuguhnya tentang cinta…

    • ea begitu,,,,,,,sikap dewasa itu baik dan tentu saja perlu………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: